Fakta menarik Korea Utara yang jarang diketahui – Part 2

0
127
views

Pada kesempatan ini kita akan melanjutkan artikel yang kemarin tentang fakta fakta seputar korea utara, ok kawan kawan sedikit merangkum dari postingan yang pertama, di sana kita sudah membahas tentang tragedi penculikan sutradara dan artis yang di lakukan oleh pimpinan korea utara untuk di paksa membuat film untuk korea utara, dan juga membuat sebuah kota “megah” di perbatasan korea utara – selatan sebagai ajang propaganda agar banya rakyat korea selatan yang tertarik untuk pindah ke korea utara, bagi yang belum membaca bisa meluncur kesini, ok kawan kawan kembali ke point pembicaraan kita, pada kesempatan ini kita akan melanjutkan pembahasan seputar fakta fakta daari negara korea utara, untuk itu, selamat menikmati:

  1. Korea Utara Hanya Memiliki 3 chanel TV saja

Gambar salah saatu chanel di korea utara yang menayangkan berita peluncuran nuklir.

Mungkin sudah tidak asing lagi bahwa korea merupakan negara yang sangat tertutup, dan tidak memiliki keinginan untuk melibatkan pihak asing untuk mengembangkan negaranya tersebut. Namun tahukah anda bahwa hanya ada 3 chanel tv saja di korea utara, itupun sangat jarang, satu chanel tv hanya tanyang di malam hari, sedangkan yang dua lainya tanya hanya saat di akhir pekan, dan tahukah anda apa yang mereka tayangkan, tentunya tidak lain, dan tidak bukan sebagai media propaganda, mereka hanya menayangkan tentang pimpinan dan kejayaan korea utara yang di buat buat sehingga menjadikan rakyatnya menjadi fanatis berlebih, dan mendoktrinkan hal hal tersebut ke semua kalangan termasuk anak anak, bahkan chanel radio pun di batasi, dan di awasi dengan ketat penyiaranya, hal ini tentunya sangat mengerikan, bayangkan saja apa bila kita yang sedang berada di kondisi seperti itu, apa yang akan terjadi, tentunya saya sendiri tidak kuat apabila hal tersebut terjadi, patut kita syukuri kita tidak di lahirkan di negara yang sangat mehgerikan seperti itu.

  1. Kim il-sung di anggap sebagai pemimpin abadi korea utara

Lukisan Kim Il Sung, Pemimpin abadi korea utara

Tahukan anda bagaimana rakyat korea utara menggambarkan sosok seorang kim il sung, mereka menggambarkanya sebagai, seorang pemimpin abadi, seorang dewa yang menolong mereka, bahkan sebagai tuhan yang patut mereka sembah, dalam undang undang yang berlaku di korea utara pun, di atur bahwa kim il sung adalah seorang Presiden Abadi Republik (공화국의영원한주석, secara harfiah “Ketua Abadi Republik”), jadi tidak heran banyak rakyatnya yang begitu terpesona dengan sosoknya yang begitu berwibawa, dan gagah, bahkan pada saat hari kematian nya pun, jutaan warga korea sangat terpukul, dan menangisi kepergian sosok pemimpin yang mereka agungkan tersebut, sehingga hari meninggalnya menjadi hari berkabung nasional, dan hari kelahiranya pun deperingati sebagai hari libur.

  1. Secara ideologi, Korea Utara bukanlah Negara Komunis

Lambang negara korea utara yang penuh makna

Fakta terakhir yang akan saya paparkan adalah tentang ideologi yang di anut oleh korea utara, banya orang salah menilai bahwa ideologi yang di anut oleh korea utara adalah komunis, namun sebenarnya tidak, komunis hanyalah sebagai partai penggerak, dan pendukung partai tersebut, sedangkan ideologi yang di guunakan, dan di doktrinkan di negara tersebut adalah juche, Juche adalah ideologi resmi yang dianut di Korea Utara. Juche mengandung prinsip bahwa “manusia menguasai segala sesuatu dan memutuskan segala sesuatu”. Juche mengandung pengertian “self-reliance” atau “percaya pada kemapuan sendiri”. Ideologi ini pertama kali dicetuskan oleh Kim Il-sung sekitar awal tahun 1955.Selama Perang Dingin, pemerintah Korea Utara mempromosikan ideologi ini secara global.

Bahkan, pada tahun 1964, Presiden Sukarno mengadakan kunjungan ke Korea Utara dan mencontoh ideologi ini untuk diterapkan sisi positifnya di Indonesia. Presiden Rumania, Nicolae Ceauşescu pun, juga kagum akan konsep Juche setelah mengunjungi Korea Utara dalam rangkaian lawatannya ke Asia pada tahun 1971 dan segera menerapkan ideologi ini di negaranya mulai tahun 1974.

Jadi sederhananya, Juche adalah sebuah faham, bahkan sebuah agama, dengan konsep tidak memerlukan pihak lain untuk berkambang, dan maju, serta menjunjung tinggi prinsip kemandirian, dan memakmurkan rakyat sendiri.

Iitulah beberapa fakta tentang korea utara yang telah kita rangkum, semoga senantiasa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Jangan lupa untuk terus mengunjungi web SendalBolong. Ok mohon maaf kalo ada salah-salah kata, terus kunjungi web ini untuk informasi menarik lainnya.

Referensi :

https://kumparan.com/lampu-edison/hanya-ada-3-channel-tv-di-korea-utara
https://id.wikipedia.org/wiki/Presiden_Abadi_Republik#Posisi_asli_(Presiden_Korea_Utara)
https://id.wikipedia.org/wiki/Juche